Header Ads

Tips-tips Saat Bermudik


Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera berlalu, dan Idul Fitri pun akan tiba. Banyak masyarakat yang pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara di hari kemenangan yang fitri ini. Kegiatan yang dilakukan setiap setahun sekali ini disebut dengan "Mudik". Anda mungkin juga ikut bermudik pada hari libur lebaran ini. Di bawah ini ada beberapa tips yang membantu anda dalam bermudik agar mudik anda terasa lebih aman dan nyaman.

1. Hindarilah bermudik menggunakan Sepeda Motor, gunakanlah Mobil atau kendaraan umum seperti Kereta Api atau Bus. Bila anda bepergian jauh, sepeda motor tidaklah disarankan, apalagi bila anda membawa lebih dari dua penumpang. Bila kampung halaman anda jauh dari tempat tinggal, gunakanlah Mobil pribadi, atau bila tidak mempunyai mobil, gunakanlah angkutan umum seperti Bus. Ini ditujukan untuk keamanan anda dalam bermudik.

2. Bawalah barang secukupnya. Bila anda ingin mudik, bawalah barang-barang yang diperlukan saja, seperti Pakaian sehari-hari, Pakaian Lebaran (Baju Koko), parsel untuk orang tua dan sanak saudara, alat mandi, handuk, Power Bank untuk Telepon Genggam, makanan ringan, minuman dan juga Obat-obatan. Jangan terlalu banyak membawa benda yang kurang dibutuhkan, seperti perhiasan mewah dan emas. Ini bertujuan agar mudik menjadi lebih nyaman dan praktis.

3. Rencanakanlah parsel yang akan diberikan kepada orang tua dan sanak saudara di kampung. Jangan membeli parsel yang terlalu mahal, belilah parsel yang disukai oleh orang tua dan sanak saudara di kampung. Perhatikan juga kemasan dan tanggal kadaluarsa parsel tersebut.

4. Rencanakan keuangan anda sebelum bermudik. Janganlah menggabungkan THR dengan Penghasilan Bulanan anda. Ini ditujukan untuk mencegah kehabisan uang saat lebaran. Sebaiknya uang THR dipisah dengan uang penghasilan bulanan. Uang penghasilan bulanan lebih baik disimpan di bank, sedangkan THR digunakan untuk biaya pulang kampung (Bensin atau tiket mudik), diberikan kepada sanak saudara, dan belanja keperluan lebaran, seperti parsel, baju baru, dan oleh-oleh dari kampung. Bila masih ada sisa, gunakanlah seperlunya atau disimpan di Bank. Bila THR kurang cukup, ambil sebagian dari penghasilan bulanan. Sehingga, anda tidak akan kehabisan uang saat libur lebaran atau selepas mudik.

5. Sebelum mudik, cek kondisi kendaraan anda. Periksalah Tekanan Ban mobil, sisa bensin, kebersihan Interior mobil, Kaca Wiper, Oli, Aki mobil dan juga bagian-bagian mobil lainnya. Bila mobil ada sedikit kerusakan, bawalah ke bengkel untuk diperbaiki, serta isilah bensin hingga penuh agar perjalanan mudik anda lebih lancar. Bila anda bermudik menggunakan kendaraan umum, maka lewatilah tips ini.

6. Saat akan bermudik, periksalah keadaan rumah sebelum ditinggalkan. Pastikan kompor gas, air, dan listrik berada dalam keadaan mati, serta berilah kunci ganda pada pintu atau pagar rumah, untuk mencegah maling masuk. Bila perlu, pasang CCTV agar dapat mengetahui rumah kemalingan atau tidak saat mudik.

7. Dalam perjalanan mudik menggunakan kendaraan umum, jangan memakai perhiasan yang mencolok. Memakai perhiasan mencolok di kendaraan umum akan memancing jambret untuk mengambil perhiasan dan tas anda. (Lewati bila anda menggunakan mobil)

8. Bawalah GPS sebagai pemandu perjalanan mudik anda. Atau, bila perlu, bawalah peta mudik yang bisa anda dapat di Koran harian, sebagai alat informasi mengenai mudik, seperti posko lebaran, tempat peristirahatan, tempat berbuka puasa (restoran/warung), minimarket, Daerah rawan banjir dan longsor, serta titik kemacetan.

9. Patuhilah peraturan lalu lintas, serta tidak ngebut saat mudik. Tetaplah waspada saat mudik, perhatikan rambu dan lampu lalu lintas, dan tidak mengemudi dalam keadaan sakit atau mengantuk, untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Dan jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai perjalanan mudik agar selamat sampai tujuan.

10. Gunakan waktu seperlunya ketika mudik. Saat malam hari atau kelelahan, istirahatlah yang cukup agar dapat melanjutkan perjalanan dengan baik.

11. Setelah lebaran usai, dan hendak akan kembali ke rumah, periksalah lagi kondisi kendaraan anda. Bila bensin akan habis, isilah di SPBU terdekat. Bila tekanan Ban kurang, pompalah dengan menggunakan pompa gas atau di SPBU. Bawalah mobil ke bengkel bila ada yang perlu diperbaiki, dan janganlah lupa untuk berpamitan kepada orang tua dan sanak saudara anda sebelum pulang.

12. Saat akan pergi membeli oleh-oleh khas kampung anda, janganlah terlalu banyak oleh-oleh atau cindera mata, karena dapat menghabiskan uang anda dan dapat merepotkan anda dalam membawa barang. Belilah oleh-oleh atau cindera mata yang secukupnya dan yang terasa diperlukan untuk diberikan kepada rekan kerja atau tetangga anda.

Itulah beberapa tips mudik yang perlu anda ketahui agar perjalanan mudik anda terasa aman dan nyaman. Dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tutur kata yang menyinggung perasaan anda. Selamat Bermudik!



Diposkan oleh: Alvin Blogsite
Tanggal: 6 Agustus 2013
Kategori: Tips, Mudik, Lebaran

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.