Header Ads

Mengatasi Komputer PC/Laptop yang Lemot/Hang



Komputer yang Lemot dan Sering Hang/Nge-lag merupakan sebuah Masalah yang sering kita jumpai dikala kita beraktifitas dengan komputer. Tentu saja hal ini sangat mengganggu Anda dikala menggunakan Komputer. Ada banyak penyebab yang membuat Komputer anda menjadi Lemot dan Sering Ngelag. Maka, pada Postingan kali ini, kita akan membahas tentang Penyebab dan Cara mengatasi Komputer yang Lemot.

Penyebab Laptop Lemot/Hang:
1. Virus/Malware Komputer. Virus dan Malware adalah sebuah Program Jahat yang bisa merusak seluruh sistem komputer anda. Sehingga, Virus bisa menjadi salah satu Biang Kerok Penyebab Komputer Melambat dan Nge-Lag.

2. Hard Disk Penuh/Fragmented Berat/Bad Sector. Hardisk yang Penuh atau Terfragmentasi akan memperberat Kinerja Komputer anda, karena akan membutuhkan Waktu yang cukup lama untuk Komputer dalam memproses data-data dalam Hardisk yang menumpuk. 

3. Banyak Startup Aplikasi yang berjalan di PC/Laptop. Startup sangatlah berpengaruh pada Kinerja Booting Komputer. Startup yang berat membuat Komputer Lambat untuk Booting serta memperberat kinerja Komputer.

4. RAM Tidak Mencukupi. RAM merupakan bagian Vital dari Komputer. Tanpa adanya memori RAM dalam Komputer, maka Program-program yang ada dalam Komputer tidak dapat Bekerja.

5. Junk Files dan Temporary menumpuk di Hard Drive. Junk Files dan Temporary Files merupakan sebuah File yang Tidak Berguna pada Komputer yang memakan Ruang penyimpanan dalam Komputer sehingga memperlambat Kinerja Komputer.

6. Menggunakan Wallpaper yang Berukuran Besar. Wallpaper yang Berukuran Besar Membuat Desktop menjadi Berat karena Ukuran File pada Gambar itu sendiri.

7. Banyak Aplikasi yang ter-install di Komputer. Aplikasi yang Banyak juga memakan Ruang Pada Hardisk.

8. Komputer anda dalam keadaan hemat daya. Bila Komputer anda dalam keadaan Hemat Daya, maka Kinerja Komputer akan Berkurang untuk mengurangi Konsumsi Baterai sehingga tidak boros. Ini tentu akan sangat berdampak pada Kinerja Komputer anda.

9. Registry Banyak yang Bermasalah/Error. Registry yang Bermasalah berpengaruh pada Kinerja Aplikasi dan Sistem Komputer, sehingga Menyebabkan Aplikasi menjadi Sering Hang/Membeku.

10. Sistem File Komputer yang Corrupt. Biasanya Sistem Komputer akan Bekerja dengan Sangat Lambat dan sering Hang bila File Sistem Operasi anda Corrupt/Rusak. Itu merupakan Pertanda bahwa Sistem Operasi Komputer anda tidak layak dipakai lagi.

11. Bila Perangkat Komputer anda sudah lama dipakai, maka disarankan untuk menggantinya dengan Komponen yang lebih Baru (RAM, Hardisk, Power Supply, Prosesor, Kartu Grafis, Motherboard). Hardware/Komponen Komputer yang sudah Usang akan bekerja secara Lambat karena termakan Usia, atau sudah tidak dapat menjalankan Aplikasi-aplikasi baru pada Komputer yang membutuhkan Spesifikasi Hardware yang Jauh lebih Besar.

Cara Mengatasinya:

1. Jalankan Run (Windows+R), Lalu Ketik Command services.msc, lalu Nonaktifkan/Matikan Startup aplikasi yang tidak dibutuhkan/berat (Disable Application dengan Klik Kanan, Pilih Properties, dan Ubah Startup Mode menjadi Disable). Lalu Restart Komputer Anda.

2. Membersihkan Hard Disk dengan CCleaner dan Defraggler.

- CCleaner:
https://www.piriform.com/ccleaner/download

- Defraggler:
https://www.piriform.com/defraggler/download

Kedua Aplikasi tersebut adalah aplikasi Gratis (Freeware) yang sangat berguna untuk membersihkan HardDisk. CCleaner digunakan untuk membersihkan Berkas File Sampah(Junk Files) dan Temporary Files serta membetulkan Registry yang Bermasalah. Sedangkan Defraggler adalah sebuah Program yang digunakan untuk men-defrag File-file dalam Harddisk sehingga File tersusun kembali. Sering-seringlah menghapus File Sampah pada Harddisk anda dan Lakukan Defragmentasi minimal Sebulan sekali.

3. Scan Komputer anda untuk mengecek Virus dalam Komputer. Pastikan anda mengecek Keadaan Komputer anda dengan Scanning Virus di Komputer setiap Sebulan sekali. Virus, Malware dan Worm sangatlah berpengaruh dalam penurunan kinerja Komputer anda.

4. Hapuslah Program-program Aplikasi yang sudah tidak dipakai Lagi. 

Langkah-Langkahnya:

a. Buka Start Menu

b. Klik Control Panel (XP/Vista/7), atau Ketik Control Panel (Windows 8/8.1)

c. Klik Add/Remove Programs (XP) atau Klik Uninstall a Program (Vista/7/8/8.1)

d. Pilih Program yang sudah tidak digunakan lagi

e. Klik Remove/Uninstall

f. Tunggu sampai Proses Uninstall Berhasil

5. Nonaktifkan Mode Hemat Daya pada Laptop.

a. Klik Ikon Baterai Pada bagian kanan Menubar.
b. Klik More Power Options.
c. Bila Pilihan High Performance Belum Muncul, maka klik Show Additional Plans.
d. Klik Pilihan High Performance.

Walaupun Pada Opsi Ini Cukup menguras Baterai anda, tetapi Laptop anda akan terhindar dari Hang/Lelet.

6. Jalankan Ini:
- Jalankan Command Prompt sebagai Administrator (Klik Kanan, Pilih Opsi Run As Administrator)

- Lalu Ketik Command di Bawah Ini:

net.exe stop superfetch
net.exe stop "Windows Search"

- Lalu tunggu sampai program berhenti secara sukses. Gunakan Perintah ini sebijaknya.

7. Ganti Wallpaper anda dengan Wallpaper yang berukuran Lebih Ringan, serta Nonaktifkan Efek-efek Aero pada Komputer anda (Cari Option Advanced System Settings, Pilih Tab Advanced, Klik Settings Pada Menu Performance, lalu Hapus Centang/Nonaktifkan Fitur Efek Aero pada Komputer, atau dengan memilih Opsi Adjust for Best Performance. Klik Apply).

8. Update Sistem Operasi Anda. Tetapi cara ini hanya sedikit berpengaruh atau tidak berpengaruh sama sekali.

9. Upgrade ukuran RAM anda. RAM yang kecil sangatlah berpengaruh pada kecepatan mengakses Aplikasi pada Komputer anda.

10. Install Ulang Sistem Operasi Anda. Install ulang bertujuan untuk mengganti Sistem Operasi yang Telah Corrupt dengan Sistem Operasi yang Baru, sehingga Program Komputer dapat berjalan dengan lebih baik.

11. Bila Langkah diatas telah dijalankan dan tetap tidak berpengaruh, maka saran terakhir adalah dengan Mengupgrade beberapa/seluruh Hardware komputer anda dengan Hardware Baru atau Membeli Unit PC/Laptop Baru.

Itulah cara-cara yang dapat anda Lakukan bila Komputer anda Lemot/Lelet. Semoga cara tersebut dapat membantu anda. Dan Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan di Hati anda.


Alvin Blogsite
28 Mei 2015
Kategori: Informasi dan Tips, Teknologi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.