Header Ads

Kiat-kiat untuk Meng-Upgrade Komputer



Bila anda Ingin meng-upgrade Komputer anda, tentu saja anda karena usia komputer yang semakin tua ataupun kinerjanya yang sangat lambat. Tetapi,ada beberapa Kiat yang dapat berguna bila anda ingin meng-upgradenya.


1. Tentukan Perangkat Komputer yang akan diganti

Tidak Semua komponen Komputer itu perlu diganti. Oleh karena itu, cek bagian-bagian perangkat yang akan diganti. Karena ada beberapa bagian komputer yang tidak perlu diganti. Seperti Layar Monitor, Keyboard, Mouse, dan Speaker (Bila ada). Untuk perangkat keras dalam CPU, Gantilah Komponen-komponen yang perlu untuk diganti. Misalnya seperti Prosesor. Pilihlah jenis Prosesor sebijaknya. Di pasaran, terdapat dua pemain besar untuk Prosesor, yaitu Intel dan AMD. Bila Anda memiliki RAM setidaknya 1GB dan berjenis minimal DDR2, maka anda tidak perlu mengganti RAM, kecuali bila anda menginginkan Performa yang lebih. Motherboard adalah komponen Vital dalam CPU. Motherboard diperlukan untuk menaruh prosesor, RAM, Kartu Grafis, dan lain-lain, serta terdapat ROM yang tertanam di Motherboard. Jenis-jenis Motherboard juga perlu untuk menentukan jenis prosesor dan RAM yang akan dipasang, karena tidak semua Motherboard berjenis sama. Kartu Grafis juga diperlukan untuk memaksimalkan tampilan monitor. Jika ukuran hardiskmu lebih dari 80GB, anda tidak perlu mengganti Hardisk. Power Supply juga tidak perlu diganti bila menghasilkan tenaga lebih dari 450W dan bermerek terpercaya.

2. Tentukan Komponen CPU yang perlu diganti sebijaknya sesuai dengan kemampuanmu.

Bila anda berkantong tipis, saya menyarankan untuk menggunakan AMD dan ATI, karena selain harganya yang murah, juga terkenal karena performanya yang Cukup bagus. Bila anda mempunyai Cukup uang, Intel dan Nvidia bisa menjadi solusinya, karena Intel dan Nvidia sangatlah ternama di Pasaran.

3. Belilah Komponen CPU di Toko Komputer yang menyediakan jasa Upgrade Komputer.

Dalam membeli Komponen CPU, belilah di tempat yang menyediakan jasa Upgrade. Karena dalam meng-Upgrade komputer, bila anda tidak berpengalaman dalam merakitnya, bisa saja semua komponen yang diganti itu rusak. Oleh karena itu, saat membeli komponen CPU yang baru, dan bila anda tidak bisa merakitnya, mintalah pemilik toko tersebut untuk merakitnya.

4. Jangan pernah sekali-sekali mencoba untuk meng-Upgrade komputer bila anda tidak berpengalaman sekalipun.

Jika anda orang awam dalam merakit komputer, jangan sekali-sekali merakit/meng-Upgrade komputer tersebut karena bila sedikitpun salah dalam memasangnya, bisa berakibat fatal Komputernya! Oleh karena itu, mintalah orang yang berpengalamannya untuk merakit komputer tersebut.

5. Tips untuk meng-upgrade Sistem Operasi

Bila performa Komputer anda sudah cukup untuk melakukan upgrade komputer, maka Upgrade Sistem Operasi bisa dilakukan. Pastikan Free Space pada Hardiskmu Mencukupi, dan CPU serta RAM komputer anda Sanggup untuk menjalankan Sistem Operasi yang baru tersebut. Dan sama halnya dengan Meng-upgrade komponen komputer, bila anda awam dalam men-upgrade Sistem Operasi, jangan sekali-sekali mencoba untuk meng-upgradenya. Mintalah kepada orang yang berpengalaman dalam Sistem Operasi untuk meng-Upgradenya.

Demikian Kiat-kiat dalam Meng-Upgrade Komputer.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.