Header Ads

Apa itu BMI dan cara untuk menghitungnya.


Sebagian dari anda pasti pernah bingung dalam menentukan Berat Badan yang Ideal untuk Tubuh anda. Dalam menentukan Ideal atau tidaknya Berat Badan, ada satu cara untuk menentukan Berat Badan yang Ideal untuk anda. Yaitu dengan menggunakan pengukuran BMI. Nah sebagian dari anda pasti bertanya, apa itu BMI? Pada postingan ini, Kita akan mengulas tentang BMI dan cara Menghitungnya.

1. Pengertian BMI

BMI Merupakan Singkatan dari Body Mass Index. Body Mass Index adalah sebuah unit Pengukuran untuk mengetahui Indeks Masa Tubuh Kita, apakah berat badan anda Ideal untuk Tinggi Badan, ataukah Kelebihan berat badan atau Kekurangan berat badan. Pada umumnya, Seseorang dapat dikatakan sehat apabila memiliki BMI antara 18,5 hingga 24,9. Indeks BMI yang Ideal/Sehat itu pun bervariasi berdasarkan Usia dan Gender anda.


Tabel Indeks BMI. Klik Gambar untuk memperbesar


2. Cara Menghitung BMI
Sebenarnya, untuk menghitung BMI, tidaklah rumit. Anda hanya perlu memangkatkan Tinggi Badan anda (dalam satuan meter), lalu membagikan berat badan anda dengan hasil pangkat Tinggi Anda.

Rumus BMI:
Berat Badan (Kg) / (Tinggi Badan (m) * Tinggi Badan (m))

Contoh: Seorang Pria memiliki Tinggi Badan 183 cm dengan Berat Badan 75 kg. Berapakah Indeks BMI Pria Tersebut?
Jawaban: BMI: Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan), 183 cm = 1,83 m
= 75 kg / (1,83 m * 1,83 m) = 75 kg / 3,3489 m2 = 22,3954134 = 22,4 kg/m2.

Maka, Indeks BMI Pria itu adalah 22,4 kg/m2. Sedangkan Indeks BMI yang sehat untuk pria tersebut adalah 18,5 kg/m2 hingga 24,9 kg/m2. Sehingga Pria tersebut memiliki Berat Badan yang Ideal.

3. Aplikasi untuk Menghitung BMI

Apabila anda ingin menghitung BMI anda dengan Aplikasi, atau anda merasa malas untuk menghitung Indeks BMI anda, maka anda bisa mencoba beberapa Aplikasi Gratis ini yang tersedia di iTunes Store dan Google Play:

IOS:
BMI Calculator‰  : https://itunes.apple.com/us/app/bmi-calculator/id550932668?mt=8

Android:

BMI Calculator: https://play.google.com/store/apps/details?id=tools.bmirechner

Ideal Weight (BMI): https://play.google.com/store/apps/details?id=mmapps.bmi.calculator

Jadi, kita tidak perlu ragu lagi kan tentang berat badan yang Ideal untuk badan kita? Dengan menghitung Indeks BMI tubuh kita, maka kita bisa mengetahui bagaimana Indeks tubuh kita sehingga berguna untuk menyesuaikan pola diet dan pembentukan tubuh yang lebih Ideal untuk kita.





Dipublikasikan: 14 April 2014
Kategori: Kesehatan, Tips dan Trik, Informasi, Aplikasi

1 komentar

mesin pemisah lcd mengatakan...

bermanfaat sekali infonya ini min...
mesin pemisah lcd

Diberdayakan oleh Blogger.