Header Ads

20 Negara Termaju Di Dunia (10-1)

Setelah sekian lama tidak menulis tentang 20 Negara Termaju di Dunia, maka pada kesempatan kali ini, Alvin Blogsite akan menulis tentang 20 Negara termaju di dunia, Kali ini, daftar yang akan dibuat langsung dari Peringkat ke 10 hingga peringkat pertama. Apabila anda belum pernah melihat daftar 20 Negara termaju di dunia, maka anda dapat mengunjungi artikel di bawah ini:

20 Negara Termaju di Dunia (20-16) Link Alodia Blogsite
20 Negara Termaju di Dunia (20-16) Link Alvin Blogsite
20 Negara Termaju di Dunia (15-11)

Nomor 10-6:

10. Rusia
Nama Asli: Российская Федерация (Rossiyskaya Federatsiya)
(Arti: Federasi Rusia)
Luas Wilayah: 17.075.200 km2 (Terbesar Ke-1)
Jumlah Penduduk: 144.544.993 (Terbesar Ke-9, Estimasi 2017)
Lagu Kebangsaan: Госуда́рственный гимн Росси́йской Федера́ции (Gosudarstvennyy gimn Rossiyskoy Federatsii, Lagu Kebangsaan Rusia)
Mata Uang: Rubel Russia
Ibukota: Moscow (Москва́)

Rusia adalah salah satu negara terbesar di Dunia dari segi wilayah hingga penduduk. Negara yang terletak di bagian utara Bumi ini adalah negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok (RRC). Negara ini sebenarnya terbentuk setelah perpecahan Uni Soviet pada tahun 1991, yang di mana Uni Soviet sempat terbentuk dari tahun 1922 hingga 1991 dan sempat menjadi negara adidaya saingan dari Amerika Serikat. Tetapi, pada akhirnya, negara ini pecah pada tahun 1991 dan membentuk negara-negara kecil lainnya seperti Ukraina, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzshtan, Estonia, Lithuania, dan Lainnya serta Rusia. Saat ini, rusia telah menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di dunia, dan semenjak mengalami perombakan besar pasca pecahnya Uni Soviet, kini Rusia sudah menjadi negara dengan perkembangan ekonomi yang cukup pesat. Selain itu, Rusia juga memiliki wilayah yang sangat luas, hingga melebihi luas permukaan Pluto. Luas wilayah Rusia juga lebih luas daripada luas Australia dan Brazil meskipun digabung!

9. Afrika Selatan
Nama Asli: Republik Afrika Selatan
Luas Wilayah: 1.221.037 km2 (Terbesar Ke-24)
Jumlah Penduduk: 54.956.900 (Terbesar Ke-25, Estimasi 2015)
Lagu Kebangsaan: Nkosi Sikelel' iAfrika (Tuhan Memberikati Afrik) dan Die Stem van Suid-Afrika (Panggilan dari Afrika Selatan)
Mata Uang: Rand Afrika Selatan

Ibukota: Pretoria, Cape Town, Bloemfontein

Afrika Selatan adalah negara yang terletak di selatan Afrika, sesuai dengan namanya. Negara ini yang terletak di bagian paling selatan di Afrika ini serta berbatasan langsung dengan Botswana memiliki cadangan Emas terbesar di Dunia, yang juga secara langsung berdampak pada kemakmuran rakyatnya sendiri. Negara ini memiliki Ekspor utama berupa Berlian, Emas, dan Platinum. Sebelum 1994, negara ini sempat dijajah dan menganut sistem Apartheid yang Kontroversial, yaitu penggolongan dan pemisahan Penduduk berdasarkan Ras dan Warna Kulit. Banyak negara yang mengecam Sistem Politik tersebut, termasuk sebagian negara Eropa. Penduduk Kulit Hitam Afrika Selatan pun juga melawan sistem politik tersebut. Salah satu tokoh perjuangan melawan sistem Apartheid tersebut adalah Mendiang Nelson Mandela, seorang Bapak Bangsa dan Ikon Anti Apartheid dan Diskriminasi Dunia. Setelah 1994, Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Pertama di Afrika Selatan, yang sebelumnya didominasi oleh Kulit Putih. Semenjak itu, Afrika Selatan berhasil menjadi negara di Afrika dengan laju pertumbuhan Ekonomi tercepat di dunia.

8. Meksiko
Nama Asli: Estados Unidos Mexicanos (Negara Kesatuan Meksiko)
Luas Wilayah: 1.972.550 km2 (Terbesar Ke-11)
Jumlah Penduduk: 119.530.753 (Terbesar Ke-11, Estimasi 2015)
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional Mexicano/Mexicanos, al guito de guerra (Orang Meksiko pada Panggilan Perang)
Mata Uang: Peso Meksiko
Ibukota: Mexico City



Meksiko adalah Negara yang terletak di Benua Amerika tepatnya sebelah selatan Amerika Serikat. Siapa yang tidak mengenal Telenovela dari negara ini serta Topi Sombreronya yang Khas? Negara ini adalah negara asal Telenovela yang cukup terkenal seperti Mari Mar, Rosalinda, Maria La Del Barrio (Maria Cinta yang Hilang), dan Cinta Paulina (Informasi Tambahan). Negara ini memiliki GDP sekitar $10.000 (Nominal, PPP: $18.000). Selain itu, jumlah penduduknya yang tergolong besar (Sekitar 120 Juta Penduduk), dan memiliki Wilayah yang Luas (Sedikit lebih Besar dari Wilayah Daratan Indonesia) menjadikan Meksiko sebagai salah satu negara yang cukup maju, serta menjadi Negara Industri Baru di Dunia. Meskipun begitu, kesenjangan antara Kaya dan Miskin di Meksiko masih tergolong tinggi.

7. Kanada
Nama Asli: Kanada
Luas Wilayah: 9.984.670 km2 (Terbesar Ke-2)
Jumlah Penduduk: 35.121.728 (Terbesar Ke-38, Sensus 2016)
Lagu Kebangsaan: O Canada
Mata Uang: Dollar Kanada

Ibukota: Ottawa

Negara ini adalah negara yang terletak paling Utara di Dunia (Selain Rusia, Finlandia, dan Norwegia). Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 35 Juta Penduduk, Jauh lebih sedikit dari penduduk Amerika Serikat dan Meksiko. Tetapi, negara ini memiliki Pendapatan Nasional yang sangat tinggi (Sekitar $50.000), dan memiliki IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang sangat tinggi (Sekitar 0.909), sehingga membuat Kanada sebagai Negara termaju di Dunia. Negara ini adalah satu dari tujuh Anggota G-7.


6. Perancis
Nama Asli: Republique Francaise (Republik Prancis)
Luas Wilayah: 643.801 km2 (Terbesar Ke-41)
Jumlah Penduduk: 66.991.000 (Terbesar Ke-20, Estimasi 2017)
Lagu Kebangsaan: La Marseillaise
Mata Uang: Dollar Kanada

Ibukota: Paris


Perancis adalah Negara yang terletak di Benua Eropa. Berbatasan Langsung dengan Negara Spanyol dan Jerman, membuat Perancis sebagai Negara yang cukup Strategis di Benua Eropa. Perancis merupakan Negara bersistem pemerintahan Republik Presidensial. Sebelumnya, Perancis adalah Negara yang menganut Sistem Pemerintahan Monarki Absolut. Tetapi, pada akhir jaman Monarki, Pemerintahan Raja Louis XVI yang mengecewakan karena membuat kesenjangan sosial dan penyelewengan Kekuasaan membuat Pemerintahan Monarki ini Runtuh pada tahun 1789, yang dikenal sebagai Revolusi Perancis. Semenjak Itulah, Perancis menjadi salah satu Negara yang maju, dengan memiliki Banyak Negara Koloni di Benua Afrika dan Amerika. Perancis juga menjadi Negara Pusat Fashion, di mana setiap perkembangan busana di sana menjadi sorotan dunia dan Tempat lahirnya beberapa Merek Fashion ternama seperti Hermes dan Dior.
Nomor 5-1:

5. Italia
Nama Asli: Repubblica Italiana (Republik Italia)
Luas Wilayah: 301.338 km2 (Terbesar Ke-72)
Jumlah Penduduk: 60.674.003 (Terbesar Ke-23, Estimasi 2015)
Lagu Kebangsaan: Il Canto degli Italiani (Lagu dari Orang Italia)
Mata Uang: Euro, Lira Italia (Sebelum EU)

Ibukota: Roma

Italia adalah Negara yang terletak di Kawasan Eropa Selatan, tepatnya di daerah Mediterania. Italia adalah salah satu negara tertua di Kawasan Eropa, bahkan di Dunia. Pada Masa awalnya, Italia adalah negara Romawi yang memiliki Perkembangan Teknologi dan Pengetahuan yang paling maju di dunia. Sebab itulah mengapa Italia menjadi salah satu negara termaju di Dunia. Meskipun Ekonomi Italia tidak semaju Beberapa Negara Eropa Lainya seperti Perancis dan Jerman, tetapi Italia memiliki Ekspor Produk yang paling berkualitas dan Mewah di Dunia. Beberapa Merek seperti Gucci, Ferrero, dan Lamborghini berasal dari Sini. Italia juga merupakan Destinasi Wisata yang menarik, karena banyaknya Bangunan Bersejarah dan Pemandangan yang Indah di Negara ini.


4. Britania Raya
Nama Asli: The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland
Luas Wilayah: 242.495 km2 (Terbesar Ke-41)
Jumlah Penduduk: 65.110.000 (Terbesar Ke-22, Estimasi 2016)
Lagu Kebangsaan: God Save the Queen
Mata Uang: Poundsterling Inggris

Ibukota: London


Britania Raya adalah Sebuah Negara yang Terletak di Eropa. Negara ini menganut Sistem Pemerintahan Monarki, yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II hingga saat ini, yang menjabat sebagai Pemimpin terlama di Britania Raya. Negara Britania Raya terbagi menjadi 4 Bagian, Yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Bahasa Inggris yang dipakai di Britania Raya bagian Inggris merupakan salah satu Bahasa Internasional yang dipakai secara Formal di Seluruh Dunia. Selain itu, Britania Raya juga merupakan Negara dengan Jumlah Koloni Terbesar di Dunia. Setiap Koloni yang dipimpin oleh Britania Raya disebut sebagai Negara Persemakmuran, atau yang biasa disebut sebagai Commonwealth of Nations, seperti India, Pakistan, Afrika Selatan, Australia, Kanada, Malaysia, Singapura, dan Samoa. Britania Raya juga merupakan Negara pusat perkembangan Iptek, di Mana merupakan tempat kelahiran Fisikawan terkemuka di Dunia seperti Isaac Newton, Michael Faraday, James Clerk Maxwell, Timothy Berners-Lee, dan Stephen Hawking. Hal ini yang mengukuhkan Britania Raya sebagai salah satu Pusat Peradaban di Dunia.

3. Jepang
Nama Asli: Nippon-Koku/Nihon-hoku (日本国)
Luas Wilayah: 377.972,08 km2 (Terbesar Ke-62)
Jumlah Penduduk: 126.860.000 (Terbesar Ke-10, Estimasi 2017)
Lagu Kebangsaan: Kimigayo
Mata Uang: Yen Jepang

Ibukota: Tokyo

Jepang adalah salah satu negara yang terletak di Benua Asia, yang bertetangga dengan Korea Selatan. Sebagai Negara paling timur di Asia, Jepang kerap dijuluki sebagai "Negara Matahari Terbit". Jepang dipimpin oleh seorang Kaisar. Jepang Berdiri sejak Era Jomon, sekitar 40000 Tahun yang lalu. Sebelum Era Meiji, Jepang merupakan Negara yang terisolasi dengan Dunia Luar. Pada Akhir Jaman Edo, Jepang pun memasuki Era Meiji, di mana Jepang mengalami Perkembangan Iptek yang luar biasa. Hal ini dibuktikan ketika Jepang sanggup mengalahkan Rusia, yang merupakan Negara Eropa pada Perang Jepang-Rusia pada tahun 1905. Sejak saat itulah, Jepang menjadi negara yang tidak dapat diremehkan oleh Bangsa Eropa, hingga dijuluki sebagai "Bahaya Kuning". Meskipun Jepang sangat kuat pada masa itu, Jepang juga sempat Kalah dan Terpuruk Pasca Perang Dunia kedua oleh Sekutu (Amerika Serikat, Uni Soviet/Rusia, Perancis, Britania Raya). Walaupun kalah, tetapi Jepang dapat bangkit dan tumbuh sebagai salah satu Negara Super Power seperti Amerika Serikat dan Uni Soviet. Jepang memiliki keunikan Budaya yang menyebar hingga hampir seluruh dunia. Budaya tersebut berupa Tradisi Tradisional Jepang, Makanan, Kartun, Film, Musik, Teknologi, dan lain-lain.

2. Jerman
Nama Asli: Bundesrepublik Deutschland (Republik Federal Jerman)
Luas Wilayah: 357.168 km2 (Terbesar Ke-63)
Jumlah Penduduk: 82.175.700 (Terbesar Ke-16, Estimasi 2015)
Lagu Kebangsaan: Das Lied der Deutschen (Lagu orang Jerman)
Mata Uang: Euro, Mark Jerman (Sebelum UE)

Ibukota: Berlin

Jerman adalah salah satu negara yang terletak di Benua Eropa. Jerman merupakan negara yang karena terletak di antara Banyak Negara Eropa lainnya, seperti Denmark, Austria, Swiss, Luxembourg, Ceko, Belgia, Belanda, Perancis, dan Polandia. Jerman dapat dikatakan sebagai salah satu Negara Paling Maju di Dunia. Jerman merupakan Negara Basis Ekonomi Terkuat di Eropa, dan Memiliki Perkembangan Ilmu Pengetahuan termaju di dunia. Seperti Jepang, Jerman sempat terpuruk dan terbagi menjadi Dua Wilayah pada tahun 1949, pasca Kekalahan Perang Dunia kedua. Jerman terbagi Menjadi Jerman Barat (Britania Raya, Amerika Serikat, dan Perancis) dan Jerman Timur (Uni Soviet) hingga Reunifikasi melalui Perjanjian 2+4 pada tahun 1990. Semenjak Reunifikasi, Jerman mengalami Kemajuan yang sangat pesat di Eropa. Jerman merupakan Pusat Industri Otonomi, yang menghasilkan Kendaraan Canggih seperti BMW, Mercedes-Benz, dan Volkswagen.

1. Amerika Serikat
Nama Asli: United States of America (Disingkat USA)
Luas Wilayah: 9.833.520 km2/3.796.742 mi2 (Terbesar Ke-4)
Jumlah Penduduk: 324.690.000 (Terbesar Ke-3, Estimasi 2017)
Lagu Kebangsaan: The Spangled Star Banner
Mata Uang: Dollar Amerika Serikat

Ibukota: Washington D.C


Amerika Serikat merupakan Salah satu Negara yang terletak di Benua Amerika dan Berbatasan Langsung dengan Kanada dan Meksiko. Amerika Serikat menganut Sistem Pemerintahan Presidensial, yang selalu mengadakan Pemilihan Umum setiap 4 Tahun Sekali. Negara ini didirikan pada tanggal 4 Juli 1776, dan telah menjadi Negara Adikuasa di Dunia. Negara ini memiliki Kekuatan Ekonomi dan Militer Terkuat di Dunia, dan Amerika Serikat juga merupakan Pusat Hiburan terbesar di Dunia. Film-film Hollywood dan Lagu-Lagu Barat yang sangat banyak digandrungi oleh Anak-anak Muda di Dunia berasal dari Sini. Sebagai Negara terkuat di Dunia, Amerika Serikat selalu menjadi Pengaruh bagi Dunia. Setiap Kebijakan Ekonomi di Amerika Serikat, akan berpengaruh terhadap sebagian Negara di Dunia. Mata Uang Dollar Amerika merupakan Mata Uang Dunia yang banyak beredar di Seluruh Dunia. Negara ini merupakan Kantor Pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang terletak di New York.

Kategori: Informasi dan Tips, Negara
Tanggal Publikasi: 20 Mei 2017

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.