Header Ads

Tips dan Cara Menghilangkan Galau dalam diri kita


Apakah anda pernah Mendapatkan Nilai Jelek saat Ulangan? atau Diputusin sama Pacar? atau Tidak Punya Uang tetapi ingin membeli sesuatu? atau Dicengin Teman dan Pacar? Pasti anda akan mengalami suatu hal yang dinamakan dengan kata "GALAU" apabila mengalami pengalaman buruk yang ada diatas.

Pengertian dari Galau sendiri adalah keadaan seseorang yang memiliki pikiran yang tidak karuan atau kacau (Menurut KBBI) (Sumber).

Kegalauan biasanya berasal dari masalah yang dialami oleh setiap manusia, seperti yang telah disebutkan diatas. Masalah yang dihadapi biasanya dapat membuat pikiran setiap orang yang mengalaminya menjadi kacau atau tidak karuan, yang dalam bahasa kerennya disebut dengan "Galau". Galau adalah hal yang sangat manusiawi terjadi pada kita. Setiap orang pasti akan mengalami Kegalauan. Dan tentunya Kegalauan dapat mengganggu Aktivitas kita, sehingga berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, apabila terus-menerus galau, maka bisa saja masalah yang anda hadapi menjadi semakin parah! Oleh karena itu, Kegalauan haruslah bisa diatasi oleh setiap orang, agar kehidupan mereka lebih baik dan bahagia. Berikut ini adalah beberapa cara agar kalian tidak galau.

1. Alihkan Masalah yang ada, Positive Thinking bahwa segala hal buruk akan berlalu dengan sendirinya.


Apabila ada sebuah gelas dengan air yang terisi
setengah, orang yang berpikiran positif akan mengatakan
bahwa gelas tersebut masih memiliki setengah isi air,
sedangkan orang yang berpikir negatif mengatakan
gelas tersebut hanya tersisa setengah isi air.
Seperti pada umumnya Kegalauan datang dari berbagai macam masalah yang dihadapi oleh setiap Manusia. Ingatlah, Tuhan tidak pernah memberikan Cobaan yang melebihi kemampuan umatnya. Oleh karena itu, maka berdoalah kepada Tuhan dan meminta petunjuk kepadanya. Setiap masalah pasti akan dapat diatasi dan berlalu dengan semestinya. Karena itulah, anda perlu Berpikir Positif ketika anda menghadapi sebuah masalah, jangan terlalu memikirkannya. Berdoalah kepada Tuhan dan meminta petunjuk kepadanya. Percayalah kepada Tuhan dan Diri anda sendiri bahwa anda dapat melaluinya.  Anda juga dapat mengalihkan masalah anda, tetapi bukan berarti lari dari tanggung jawab dan kenyataan!

2. Apabila ada waktu luang, untuk menghilangkan galau cobalah melakukan kegiatan yang menghibur anda, seperti Menonton TV, Membaca Buku, Mendengarkan Musik atau Bermain Video Game.


Bermain dengan teman adalah hal yang
menyenangkan yang dapat membantu anda
dalam mengurangi kegalauan dan kegundahan
dalam menghadapi masalah yang anda alami
Ketika anda merasa jenuh dan galau karena masalah itu, anda bisa mengalihkannya ke dalam kegiatan positif, seperti halnya Melakukan Aktivitas yang anda suka, seperti Mendengarkan Musik yang menyenangkan, Menonton TV, Bermain Game, Membaca Buku yang dapat memotivasi anda, atau Berjalan-Jalan ke Taman. Anda juga dapat mengajak teman atau kerabat anda untuk melakukannya. Tetapi ingat, lakukan itu disaat anda memiliki waktu senggang!

3. Usahakan untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya


Selalu berkata: "Aku Bisa! Aku Pasti Bisa!"
Cara yang dapat anda tempuh selanjutnya adalah berusaha untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Anda dapat berusaha untuk memperbaiki diri anda sendiri, seperti menutupi kelemahan dalam diri anda sendiri dan mengubahnya menjadi kelebihan yang berguna untuk kehidupan anda dan orang lain. Apabila anda diputusi pacar karena kurang setia, maka berusahalah untuk lebih setia. Apabila anda mendapat Nilai jelek dan dimarahi orang tua, maka berusahalah untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar anda memahami materi pembelajaran dan mendapatkan nilai yang lebih baik. Dan apabila anda merasa kekurangan uang (Bokek), maka bekerjalah dengan lebih keras lagi agar anda mendapatkan penghasilan tambahan (Seperti bekerja sampingan). 

4. Meminta dukungan kepada Kerabat Dekat atau Sahabat Baik


Bercengkrama dengan Teman atau Keluarga dapat
mengurangi kegalauan akan masalah anda
Sahabat dan Keluarga adalah orang terdekat yang dapat anda percayai untuk menceritakan kegalauan anda dan meminta dukungan. Anda dapat mengunjungi mereka semua untuk mendapatkan pencerahan, nasehat, motivasi, dan dukungan untuk bisa menyelesaikan masalah yang membuat anda galau. Mereka tentunya dengan senang hati akan membantu anda. Cara ini sangat berguna apabila Mereka juga pernah memiliki masalah yang sama dengan anda sebelumnya.

5. Ingat, hidup itu terlalu singkat untuk mengeluh!


Lari dari Kenyataan tidak akan dapat menyelesaikan
Masalah anda, justru dapat memperburuknya
Satu hal lagi yang perlu anda ketahui. Anda jangan terus menerus mengeluh, karena hidup ini Singkat. Dan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengeluh! Karena diluar sana, masih ada yang memiliki masalah yang lebih berat dari anda dan mereka jarang mengeluh, sehingga berpikirlah bahwa anda lebih beruntung daripada orang tersebut.







Dengan ini, demikianlah Saya menjelaskan mengenai pengertian dari Galau Tersebut dan cara mengatasinya. Apakah anda Galau? Apakah anda mengalami masalah yang sulit dihadapi? Tenang Saja, karena setiap ada masalah, pasti di dalamnya ada jalan keluar sendiri, selama anda sabar dan tabah!




Kategori: Informasi dan Tips, Renungan, Motivasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.