Header Ads

Hal-hal yang paling menjengkelkan ketika menggunakan Smartphone dan cara untuk mencegah/mengatasinya



Dewasa Ini, Smartphone telah menjadi hal yang sangat erat dengan Kehidupan kita sehari-hari. Saat kita mengunjungi Konser, saat kita berjalan-jalan di Taman atau Mall, bahkan saat sebelum tidur. Lantas apa yang kita lakukan saat menggunakan Smartphone? Jawabannya adalah sangat Banyak! Mulai dari Berfoto dengan Artis saat Jumpa Fans, merekam Acara Konser, Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga, membuat Memo, menonton Video di Internet, Browsing Situs di Internet, hingga Bermain Game dan masih banyak lagi! Hal tersebut lantas menjadikan Smartphone sebagai alat yang sangat berguna dan membantu untuk umat manusia. 
Tetapi, dibalik kecanggihan dari Smartphone, tetap saja ada beberapa kelemahan yang dapat membuat anda cemas saat menggunakan Smartphone. Maka berikut artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai Masalah yang mungkin dihadapi saat menggunakan Smartphone dan Cara untuk mengatasinya.

1. Baterai Kembung (Swollen Battery).



Baterai Smartphone yang kembung biasanya lebih mudah terjadi apabila anda menggunakan Smartphone yang baterainya bisa dilepas (Biasanya Berbahan Li-Ion). Selain itu, Baterai Kembung juga dapat terjadi pada Smartphone yang Baterainya Tidak dapat dilepas. Salah satu pertanda bahwa Baterai Smartphone anda mengembung adalah ketika Penutup Smartphone anda mulai tidak muat, selain itu apabila diputar, Baterai Smartphone akan berputar beberapa kali hingga berhenti. Penyebab Utama dari Baterai yang Kembung Adalah Kebiasaan Over-Charging, serta penggunaan Smartphone saat Baterai Diisi Ulang. 
Hal yang dapat memicu Baterai tersebut Kembung bisa juga dari Penggunaan Aplikasi yang salah. 

Salah Satu Cara yang dapat anda Lakukan untuk mencegah Baterai Smartphone Kembung adalah dengan Berhenti Menggunakan Smartphone saat Mencharge, serta menghapus Aplikasi Pihak Ketiga yang dapat memicu Baterai Kembung. Selain itu, juga penting agar tidak terlalu penuh mengisi Baterai Smartphone Anda (Cas Smartphone tidak sampai 100%).


2. Layar Smartphone Bergerak Sendiri tanpa ditekan (Ghost Touch).



Ketika anda akan menggunakan Smartphone, tetapi layar anda bergerak sendiri, atau menekan tombol tertentu tanpa anda tekan, maka bisa dikatakan bahwa Smartphone anda mengalami Ghost Touch (Layar Bergerak Sendiri). Ada banyak penyebab mengapa Layar Smartphone bisa bergerak sendiri, mulai dari Sisa Kapasitas RAM yang sedikit, Layar Smartphone yang Panas, Penggunaan Charger yang Salah, hingga Layar yang Rusak akibat terbentur sesuatu. 

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mendinginkan (Cooldown) Smartphone anda (Dengan Tidak Menggunakan Smartphone anda hingga Layar menjadi tidak Panas). Apabila Layar masih Bergerak Sendiri, coba cek Aplikasi yang anda gunakan, Hapus Aplikasi yang menurut anda Tidak Penting, lalu Gunakan Charger yang Asli saat Mengisi Baterai. Apabila tidak ada perubahan, maka kemungkinan Layar anda Rusak (Hardware Failure) dan Perlu dibawa ke Tukang Servis Smartphone Resmi untuk Mengganti/Memperbaiki Layar Smartphone anda.


3. Lag/Hang pada Smartphone.



Setiap Smartphone memiliki Spesifikasi yang berbeda, tergantung dari Merek dan Harganya. Apabila anda mengalami Lag pada Smartphone berspesifikasi rendah, maka akan menjadi hal yang Wajar, karena. Tetapi, apabila Smartphone anda nge-lag meskipun Smartphone anda berspesifikasi tinggi, maka anda perlu memperhatikan Kondisi Smartphone anda. 

Biasanya Smartphone berspesifikasi rendah memiliki kapasitas RAM yang kecil, CPU dengan Jumlah Inti (Core) yang sedikit dan Frekuensi CPU (Clock Speed) Rendah, dan Kapasitas Penyimpanan Internal yang Terbatas (Dibawah 4GB). Sehingga, proses yang berjalan di Smartphone akan lebih lambat daripada Smartphone yang berspesifikasi tinggi.

Namun, apabila Smartphone anda telah Berspesifikasi tinggi (CPU/Prosesor Berinti Banyak, Clock Speed CPU Tinggi dan RAM berkapasitas Besar, Penyimpanan Internal Luas), maka ada kemungkinan bahwa Smartphone anda terjangkiti Virus atau adanya Proses Latar Belakang/Background yang berjalan di dalam Smartphone yang menguras RAM smartphone, Baik sedikit maupun Banyak. Selain itu, Faktor yang mempengaruhi Kinerja Smartphone adalah dari Sisa Penyimpanan Memori Internal. Memori Internal dari Sebuah Smartphone yang Penuh dapat memperlambat Kinerja Smartphone, karena Smartphone juga membutuhkan ruang penyimpanan Memori Internal untuk bekerja dengan Optimal.

Cara yang dapat anda lakukan apabila Smartphone anda Nge-Lag adalah dengan Menghapus Aplikasi yang Banyak menguras RAM dan Memori Internal pada Smartphone, serta Menginstall Antivirus untuk Mengecek Adanya Virus di Smartphone yang memperberat Smartphone. Cara lainnya adalah Menginstall Aplikasi Cleaner untuk menghapus Junk Files yang memakan Banyak Memori Penyimpanan Internal sehingga Memperberat Kinerja Smartphone anda.


4. Aplikasi yang ingin dibeli/dipasang tidak cocok/kompatibel dengan Spesifikasi Smartphone.



Ketika Aplikasi yang anda beli/pasang tidak dapat dipasang karena dianggap Tidak Kompatibel dengan Spesifikasi Smartphone, maka Smartphone anda tidak memenuhi beberapa hal yang diperlukan untuk menjalankan Aplikasi tersebut, seperti yang paling sering terjadi adalah Versi Sistem Android/IOS anda yang rendah dari Versi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut (API lebih rendah dari API Aplikasi). 

Cara yang dapat anda lakukan untuk dapat menginstall Aplikasi tersebut adalah dengan Meng-Update System Software Smartphone anda ke sistem yang lebih baru (Contoh, mengupdate IOS dari Versi 7 ke 8 atau Android dari Versi 4.4 (KitKat) ke Versi 5.0 (Lollipop)).


5. Aplikasi/Game yang memiliki Banyak Iklan (Adware).



Apakah anda sering merasa kesal ketika anda memainkan Game (semacam Cut the Rope, Fruit Ninja, Subway Surfers), atau menjalankan aplikasi tetapi saat anda memainkan/menjalankannya, ditengah jalan anda disuguhi oleh iklan pop-up? Maka Hal tersebut terkadang menjadi sangat menjengkelkan apabila anda menggunakan aplikasi gratis. Memang, iklan yang terdapat pada Game/Aplikasi merupakan sumber pendapatan penting bagi Developer Game/Aplikasi, ketika Game/Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Play Store/App Store. 

Jika anda merasa hal tersebut wajar dan pantas, maka anda tidak perlu cemas ketika iklan selalu bermunculan baik secara pop-up maupun diatas/dibawah/disamping layar. Tetapi, jika anda sudah tidak tahan lagi, maka ada dua cara yang dapat anda gunakan. Cara pertama adalah dengan membeli Versi Premium dari Game/Aplikasi tersebut (yang tidak dilengkapi dengan fitur adware), dan cara yang kedua adalah dengan mematikan jaringan Internet/Wi-Fi di Smartphone anda. Anda bisa mematikan


6.Kuota Internet Cepat Habis / Sinyal Jaringan Seluler Lemah.



Pernahkah anda merasa heran mengapa Kuota Internet anda cepat habis? Ataukah Ketika anda menggunakan Jaringan Seluler, Sinyal yang didapat sangatlah lemah sehingga membuat Koneksi Internet anda lemot? Apabila anda merasakan bahwa hal tersebut sangat mengganggu, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhinya tersebut:

Kuota Internet anda dapat Cepat habis apabila anda tidak dapat menggunakannya dengan bijak. Salah satu penyebab utama dari Habisnya Kuota Internet adalah Streaming Video di Internet. Video yang anda Tonton bisa saja menjadi Sumber terkurasnya kuota Internet meskipun anda menontonnya dalam resolusi kecil atau Videonya berdurasi pendek. 

Memang, Video yang terdapat di Youtube memiliki ukuran tertentu sesuai dari Resolusi yang dimuat dan durasi dari Video tersebut, tentunya ukuran dari Video tersebut tidaklah kecil apabila Videonya cukup panjang atau diputar dalam resolusi yang tinggi. Sehingga, akan lebih baik jika anda menonton Video di Internet dengan menggunakan Wi-Fi atau menggunakan Fitur Menyimpan Video di Youtube untuk ditonton nanti saat berada di Luar. Selain itu, untuk dapat mengatasi Kuota yang cepat habis, ada kalanya anda menggunakan fitur penggunaan data Seluler yang terdapat di dalam pengaturan Smartphone untuk mengecek Penggunaan Data dan juga menggunakan fitur peringatan penggunaan data agar dapat lebih memperhatikan penggunaan data, dan Gunakanlah Browsing dengan bijak saat menggunakan Jaringan Seluler.

Untuk Masalah Jaringan/Sinyal Seluler yang Lemah, penyebab utamanya adalah Lokasi. pastikan anda berada di tempat yang agak terbuka, agar dapat menjangkau sinyall dari luar. Jika anda berada di daerah yang tempatnya sangat tertutup (Seperti di Gedung Bioskop atau Teater), maka sinyal Seluler yang didapat sangatlah lemah. Cobalah untuk keluar dari gedung yang tertutup dan mencari tempat luar yang tepat untuk mendapatkan Sinyal Seluler yang kuat.


7. Sinyal Wi-Fi Lemah



Saat anda mengakses Wi-Fi di sebuah tempat, tetapi anda merasa Kecepatan Internet tersebut Lemot dan sering putus karena Sinyal yang lemah, maka anda akan merasa terganggu olehnya. Salah satu penyebab utama dari Sinyal Wi-Fi yang lemah adalah jarak dari Sumber Wi-Fi (Router) tersebut. Apabila anda berada di Lokasi yang tertutup dari Router Wi-Fi atau jarak yang agak jauh, maka kekuatan sinyal yang didapat menjadi rendah, sehingga pastikan anda berada di dekat Sumber Jaringan Wi-Fi (Router).


8. Layar Smartphone Tidak Responsif



Untuk Layar Smartphone yang tidak Responsif, anda dapat menggunakan Fitur Sarung Tangan (Gloves) yang terdapat pada Menu Pengaturan Smartphone, untuk meningkatkan Sensitifias Layar Sentuh Smartphone sehingga menjadi lebih responsif saat akan disentuh.

9. Baterai Cepat Habis / Cepat Panas



Ketika anda menggunakan Smartphone secara terus-menerus untuk berbagai kepentingan, maka Baterai Smartphone anda akan cepat Habis. Begitupula ketika anda bermain Game dalam waktu yang cukup lama dan secara terus-menerus, maka Baterai Smartphone anda akan Cepat Panas. Selain dari Itu, ada faktor lain, yaitu adanya Virus di dalam Smartphone. Untuk mengatasinya, sebaiknya batasi Penggunaan Smartphone anda, dan Juga Membawa Power Bank saat bepergian keluar untuk mengatasi baterai habis.


10. Kamera Smartphone Tidak Jelas/Suara Tidak Jernih saat Panggilan



Saat Memotret Sesuatu menggunakan Smartphone, pernahkah anda mengalami Fokus Kamera yang Nge-Blur, atau Hasil gambar yang berembun? Atau saat melakukan Panggilan, Suara yang keluar pecah-pecah (Tidak Jernih)? Apabila iya, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui:

Saat kamera anda mengalami Fokus yang nge-blur, maka ada Obyek yang menghalangi pemotretan tersebut. Saat akan memoto jarak jauh, pandangan fokus akan menjadi Blur karena Kamera lebih berfokus kepada satu objek yang terdapat di depannya. Apabila anda ingin mengambil fokus yang jelas, maka Singkirkan benda yang menghalangi pandangan Kamera tersebut, sehingga kamera akan berfokus pada jarak yang jauh. Dan untuk mengatasi hasil kamera yang berembun, pastikan anda mengelap lensa kamera Smartphone anda dengan Kain Halus untuk mencegah Lecet pada Kamera.

Jika Suara yang dihasilkan saat panggilan tidak terdengar dengan jelas, maka ada dua kemungkinan. Yang pertama, Sinyal yang jelek, dan yang kedua, Speaker Smartphone yang rusak. Untuk mengatasinya, Poin yang pertama adalah dengan melihat Bagian Nomor 6/7 (Sinyal Seluler/Wi-Fi Lemah), dan Untuk poin yang kedua, anda perlu membawa Smartphone anda ke Service Center Resmi Smartphone anda untuk mengganti Speakernya.


Demikianlah Artikel Mengenai masalah dalam mengenai Smartphone dan Cara untuk mengatasinya. Apabila ada kesalahan dalam perkataan, mohon dimaklumi.

07/11/2016
Kategori: Teknologi, Informasi, Smartphone

1 komentar

cody mengatakan...

menarik sekali infonya ini min...
cody

Diberdayakan oleh Blogger.